Cara aman menggabungkan hamster

Bagi kalian para pet lover yang kebetulan mulai menyukai dan ingin mengenal lebih dekat lagi dengan hewan kecil yang lucu ini,tidak ada salahnya jika menyempatkan waktu untuk sedikit melihat atau sekedar baca-baca disini :)
To the point aja ya..
Kali ini akan coba saya bahas tentang cara menggabungkan hamster yang baik dan tentunya wajib di coba sebagai alternatif ketika kalian sudah kehabisan akal untuk hal seperti di atas yang sudah saya sebutkan.
Menggabungkan hamster (baik yang beda indukan ataupun beda generasi) memang bisa dibilang gampang-gampang susah..
Apalagi jika hamster² tersebut sudah beranjak dewasa.
Jujur,saya saja dulu sempat putus asa disaat hamster-hamster peliharaan saya sudah beranak-pinak dan bertambah banyak.Sementara hamster-hamster saya selalu berkelahi (bahkan banyak diantaranya yang sampe mati) jika digabungkan/dikoloni dengan hamster-hamster sejenis yang beda indukan.
Hampir setiap malam saya termenung (lebay) di dalam kamar ternak hamster saya,mencoba mencari cara bagaimana caranya agar hamster-hamster yang kian bertambah banyak bisa saya gabungkan/kolonikan,sehingga mampu menekan pengeluaran ekstra untuk membuat/membeli kandang-kandang baru.
Hingga akhirnya adzan shubuhpun terdengar sayup-sayup berkumandang menyadarkan lamunan saya yang entah sudah sampai dinegri mana (ngeeek) lamunan saya..
Singkat cerita setelah sholat shubuh saya langsung kembali ke kamar ternak,kali ini saya membawa baskom.. saya berniat untuk membersihkan kandang-kandang ternak saya (rutinitas).
Satu persatu-satu kandang saya pandangi,lalu mulai beraksi :D
Saya ambil semua anakan hamster dari beberapa kandang ke baskom yang sebelumnya sudah saya isi dengan pasir zeolith.
image
Lalu saya bersihkan semua kandang-kandangnya..
Dan tanpa sadar saya kembali teringat rencana saya tentang penggabungan/koloni hamster-hamster itu,sejanak saya tertegun dan segera melihat isi baskom yang di isi beberapa ekor hamster dari induk yang berbeda,ternyata hamster-hamster saya bisa rukun dibaskom itu,tanpa ada rebutan makanan ataupun rebutan lahan..
image
Dari situ saya merasa penasaran,lalu saya pindahkan semua hamster yang ada dibaskom tadi kedalam sebuah kandang yang sudah saya bersihkan dan sudah saya ganti alas kandangnya sebelumnya.
Betapa terkejutnya saya ketika melihat ternyata mereka masih bisa akur tanpa ada provokasi sedikitpun.
Nah,dari cerita saya di atas itu saya bisa mengambil kesimpulan bahwa tanpa sengaja saya sudah bisa menggabungkan/mengkolonikan hamster-hamster ternakan saya..
Untuk point-point penting/perincian proses penggabungannya adalah sebagai berikut :
1. Persiapkan mental anda,sekedar untuk berjaga-jaga bilamana nanti proses penggabungan tidak membuahkan hasil,dengan kata lain anda harus mempersiapkan mental bilamana keadaan diluar kendali.. misal: hamster tidak mau akur / bisa bertarung sengit,disinilah mental anda diuji untuk bisa sesegera mungkin melerai hamster-hamster yang berseteru.
2.Wadah/baskom/apa aja yang sekiranya cukup luas untuk menampung beberapa ekor hamster.
3.Pasir zeloith / Serbuk kayu.
Untuk nomor 3 ini saya lebih menyukai pasir zeloith,biarpun sebagian dari teman-teman pecinta hamster mungkin lebih menyukai serbuk kayu..
Sebagai tambahan kalau perlu siapkan juga bedak bayi untuk antisipasi jika trik pertama tadi tidak begitu membuahkan hasil..
Setelah semuanya tersedia,barulah kita mulai tahap pertama penggabungan hamsternya.
Kita isi wadah yang sudah disiapkan tadi dengan pasir zeloith/serbuk kayu secukupnya..
Lalu ambil hamster yang mau digabungkan tersebut satu-persatu,harap diingat!
Hamster pertama yang harus berada di wadah yang sudah diisi pasir zeloith/serbuk kayu tadi haruslah hamster jantan.. ini sangat penting untuk pengendalian dikandang selanjutnya.
Setelah hamster jantan berada di wadah,tunggu beberapa menit ( minimal 5 menit) baru kemudian masukan hamster lainnya yang hendak anda gabungkan.
Setelah semua hamster tergabung,perhatikan beberapa menit dengan seksama.. apakah hamster-hamster anda terlihat rukun atau malah ricuh?
Jika dalam beberapa menit (antara 10-15menit setelah penggabungan) hamster-hamster anda terlihat rukun bisa dipastikan prosesnya berjalan lancar,anda tinggal memindahkan hamster-hamster tersebut kedalam kandang hariannya,dengan catatan sama.. hamster jantan pertama yang tadi masuk wadah diawal,dia lah yang harus pertama juga masuk kandang..
Untuk sedikit memperjelas gambaran singkat dari cara menggabungkan hamster diatas,kalian bisa intip Celah ini 😁
Namun jika dalam beberapa menit hamster-hamster kalian masih terlihat rusuh / kurang akur,berarti kalian masih harus tetap mantengin blog saya ini 😂
Karena saya masih ada beberapa cara lagi tentang penggabungan hamster yang mungkin akan saya post beberapa waktu kedepan lagi..
Untuk sekarang kiranya saya sudahi saja dulu,terimakasih buat teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca post-post asal ini.
Mudah-mudahan ada manfaatnya,biarpun sedikit 😁

Comments

Popular posts from this blog